Sabtu, 12 Mei 2012

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

A.Gametogenesis
    Pada manusia untuk menghasilkan keturunan yang baru diawali dengan pembentukan gamet jantan (spermatozoa) dan gamet betina (ovum).Proses pembentukan gamet jantan dan betina disebut dengan Gametogenesis.Gametogenensis terbagi menjadi 2 yaitu :




a. Spermatogenesis merupakan proses pembentukan sel spermatozoa. Dibentuk di dalam tubula seminiferus.Pada tubulus seminiferus terdapat dinding yang terlapisi oleh sel germinal primitif yang  meng alami  kekhususan. Sel  germinal ini disebut  spermatogonium. Setelah mengalami pematangan, spermatogonium memperbanyak diri sehingga membelah secara terus-menerus (mitosis).Spermatogenesis Dipengaruhi oleh beberapa hormon yaitu :

    1. Hormon FSH yang berfungsi untuk merangsang pembentukan sperma secara langsung. Serta merangsang sel sertoli untuk meghasilkan ABP (Androgen Binding Protein) untuk memacu spermatogonium untuk melakukan spermatogenesis.
    2. Hormon LH yang berfungsi merangsang sel Leydig untuk memperoleh sekresi testosterone (yaitu suatu hormone sex yang penting untuk perkembangan sperma).




Berlangsung selama 74 hari sampai terbentuknya sperma yang fungsional. Sperma ini dapat dihasilkan sepanjang usia. Sehingga tidak ada batasan waktu, kecuali bila terjadi suatu kelainan yang menghambat penghasilan sperma pada pria.

  

b.Oogenesis merupakan proses pembentukan dan perkembangan sel ovum.. Proses oogenensis dipengaruhi oleh beberapa hormon yaitu :
    1. Hormon FSH yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel folikel sekitar sel ovum.
    2. Hormon Estrogen yang berfungsi merangsang sekresi hormone LH.
    3. Hormon LH yang berfungsi merangsang terjadinya ovulasi (yaitu proses pematangan sel ovum).
    4. Hormon progesteron yang berfungsi untuk menghambat sekresi FSH dan LH



Selama 28 hari sekali sel ovum dikeluarkan oleh ovarium. Sel telur ini telah matang (mengalami peristiwa ovulasi). Selama hidupnya seorang wanita hanya dapat menghasilkan 400 buah sel ovum setelah masa menopause yaitu berhentinya seorang wanita untuk menghasilkan sel ovum yang matang Karena sudah tidak dihasilkannya hormon, sehingga berhentinya siklus menstruasi sekitar usia 45-50 tahun.

 

 

     
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar